Feeds RSS

Sabtu, 22 November 2008

MENGANGKUT ORANG ANTAR KOTA (MENGANGKUT OKSIGEN KE ORGAN TUBUH)

Namaku sel darah merah, aku adalah pembawa oksigen yang diperlukan oleh sel di dalam tubuh. Aku merupakan bagian dari sel darah, dan bisa dikatakan yang memiliki bagian yang terpenting dari semua sel darah.
Disini aku akan memberitahukan pada kalian semua tentang perjalananku, yang pertama pada saat baru dilahirkan di sumsung tulang merah. Dari sana aku dikirimkan ke jantung.
Di jantung aku dialirkan ke paru-paru untuk mengikat gas oksigen untuk diedarkan keseluruh tubuh melalui pembuluh darah arteri paru-paru. Dari paru-paru aku masuk ke jantung kembali melalui pembuluh darah vena. Aku masuk ke jantung melalui serambi kiri dan diedarkan ke seluruh tubuh melalui arteri.
Pembuluh arteri itu ada banyak, seperti arteri carotid, arteri subklavia, aorta dorsal, arteri hepatikal, arteri renal, arteri iliak, dan yang telah aku lewati adalah arteri paru-paru. Semua pembuluh darah yang nantinya akan aku lewati memiliki jalur yang sangat panjang, dan bila dilihat seperti jalan raya yang menghubungkan semua kota (organ tubuh).
Setelah aku mengedarkan orang ke seluruh kota (tubuh) aku akan kembali ke jantung dengan melalui jalur darah vena dengan masuk melalui serambi kanan dan akan kembali ke paru-paru. Dengan melalui bilik kanan dan arteri paru-paru.

0 komentar: